Sejarah, Sastra, dan Jurnalis Warga

  • Breaking News

    Monday, August 31, 2015

    INILAH LOMBA MENULIS FBM 2015

    Sebagaimana telah menjadi berita, memerhatikan kondisi lokal dan betapa penting Budaya Menulis sebagai bagian Budaya Literasi, Sanggar Kepenulisan Pena Ananda Club Tulungagung merencanakan inisiasi Gerakan Tulungagung Menulis melalui kegiatan Festival Bonorowo Menulis Festival 2015 ke-1 tahun 2015. [http://www.siwisangnusantara.web.id/2015/08/mengapa-festival-bonorowo-menulis-2015.html]


    UBUB/UBUBAN  kuna terbuat dari kayu koleksi pak Yani dari dusun Ngipik desa Bangoan kecamatan Kedungwaru Tulungagung


    Festival Bonorowo Menulis 2015 [FBM 2015] didukung oleh radio LIIUR FM 90.9 MHZ Tulungagung/ Liiur.com dan Universitas Tulungagung [UNITA]. Masih menunggu tambahan dukungan lain dari Pemkab Tulungagung dan lainnya yang peduli dengan Gerakan Literasi Lokal.

    FBM 2015 yang puncak acara dihelat tanggal 9-11 Oktober besok memiliki jadwal kegiatan cukup padat antaranya, Lomba Penulisan, aneka Seminar, Workshop, dan Talkshow Literasi, Pameran Literasi, Panggung Seni Literasi, Lounching Buku, Diskusi Buku dan Inspirasi Penulisan, Pameran Literasi, Hibah Buku, serta akan ada acara keren yaitu Gunungan Buku.

    Kusus Lomba Penulisan, pengumpulan naskah sudah dimulai sejak awal Agustus dan ditutup tanggal 13 September. Lomba Penulisan mengusung tema : Seni Budaya Dan Sejarah Tulungagung Untuk Indonesia Satu. Adapun jenis lomba adalah Menulis Cerpen, Nyerat Cerkak atau menulis cerpen berbahasa Jawa, Menulis Puisi, Nyerat Geguritan atau menulis puisi berbahasa Jawa, Menulis Artikel, Menulis Berita, dan Menulis Feature.

    Lomba Penulisan FBM 2015 dapat diikuti pelajar mulai tingkat SD/MI sampai SMA/SMK/MA serta peserta umum, mahasiswa, guru, professional. Kusus peserta SD/MI, hanya dapat mengikuti 4 kategori lomba yaitu Menulis Cerpen, Nyerat Cerkak, Menulis Puisi, dan Nyerat Geguritan.

    Peserta Lomba Penulisan tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya yang boleh ikut Lomba Penulisan dalam ajang FBM 2015 adalah mereka yang memiliki kartu tanda penduduk atau surat keterangan domisili di Tulungagung. 

    Bagi yang berasal dari luar Tulungagung dapat berpartisipasi memeriahkan Festival dengan mengikuti rangkaian Seminar, Workshop, Talkshow Literasi, Hibah Buku, menjadi Relawan FBM 2015, serta dapat ambil bagian mengisi Panggung Seni Literasi.

    Info kegiatan lengkap FBM 2015 termasuk Lomba Penulisan dapat diakses secara online melalui fanpage: 

    https://www.facebook.com/pages/Sanggar-Kepenulisan-PENA-Ananda-CLUB/155959394512705?pnref=lhc

    Yang sangat keren, rencananya seluruh naskah yang berhasil lolos seleksi Dewan Juri akan didokumentasikan dalam bentuk buku Bungai Rampai terbitan Pena Ananda Indie Publishing, salah satu unit Sanggar Kepenulisan Pena Ananda Club Tulungagung.

    Tulungagung sangat kaya potensi seni, budaya, sejarah, dan wisata. Akan tetapi sejauh ini masih sangat miskin pendokumentasian dalam bentuk buku apalagi yang ditulis penulis local. Melalui penerbitan buku, diharapkan akan menambah literature bertema kearifan lokal Tulungagung karya para penulis local Tulungagung. Menjadi kado indah bagi Tulungagung yang akan merayakan ulang tahun ke-810 pada tanggal 18 Nopember 2015.









    ----------
    SIWI SANG


    No comments:

    Post a Comment

    Literatur

    Taktik Menulis

    Banjarnegara