Sejarah, Sastra, dan Jurnalis Warga

  • Breaking News

    Wednesday, April 2, 2014

    Galeri



    CANDI DADI TULUNGAGUNG



    Candi Sanggrahan
    Photo courtesy of YooDee_K




       Candi Sanggrahan terletak di Desa Sanggrahan Boyolangu Tulungagung. Kedudukan candi Sanggrahan pada jaman Majapahit, merupakan tempat untuk mesanggrah rombongan istana yang mengikuti prosesi perabuan Rajapatni dyah Gayatri di candi Dadi. Dan ketika abu jenazah Rajapatni dyah Gayatri ditanam di Boyolangu, rombongan istana juga menggunakan candi Sanggrahan sebagai tempat mesanggrah atau berkemah karena pada waktu itu lokasi wilayah antara candi Sanggrahan dengan Boyolangu merupakan daerah rawa.





    CANDI BOYOLANGU

    Photo courtesy of Yudi Manto



       Candi Boyolangu terletak di Dusun Dadapan Desa Boyolangu Kecamatan Boyolangu Tulungagung. Merupakan tempat pendarmaan Maha Raja Patni dyah Gayatri. Masyarakat mengenalnya sebagai Candi Gayatri.




    CANDI MIRI GAMBAR

    Photo courtesy of YooDee_K



       Situs candi Mirigambar terletak di dusun Gambar, desa Mirigambar, kecamatan Sumbergempol, Tulungagung. Di tepi halaman selatan dan di sudut tenggara terdapat lempengan batu andesit berangka tahun 1214C/1292M dan 1310C/1388M. Karenanya beberapa sejarawan memperkirakan candi Mirigambar dibangun antara akhir abad XII sampai akhir abad XIV.



    BUKU
    GIRINDRA: PARARAJA TUMAPEL MAJAPAHIT



        Karya non fiksi, tafsir baru, sejarah pararaja mulai masa Mpu Sindok sampai masa akhir Majapahit. Terbitan Pena Ananda Indie Publishing Tulungagung Desember 2013. ISBN 978-602-98200-6-5 xxviii+282hlm; 13 x 20,5cm. harga Rp70.000,00 (belum termasuk ongkir), hotline: 089 834 568 85

    3 comments:

    1. Jadi ingin berkunjung ke Candi Sanggrahan.Panoramanya seperti menunjukkan salah satu dari keindahan khas Pulau Jawa.

      ReplyDelete
    2. Hoalah, anda kelahiran Banjarnegara, Bung?
      Sebelah mananya?

      ReplyDelete
    3. mas Fajar. situs candi Sanggrahan Tulungagung sekarang sedang dalam pemugaran. kelak akan semakin lengkap wajahnya. Ada yang unik di Tulungagung yaitu candi Dadi, terletak di puncak bukit.

      Saya kelahiran Banjarnegara tapi sekarang banyak tinggal di Tulungagung. Banjarnegaranya sisi Barat, Mandiraja.
      Maturnuwun dan salam kenal.

      ReplyDelete

    Literatur

    Taktik Menulis

    Banjarnegara