Sejarah, Sastra, dan Jurnalis Warga

  • Breaking News

    Saturday, November 26, 2016

    Bangga Berbahasa Indonesia

    Kita sebagai bagian dari warga negara Indonesia harus memiliki tanggung jawab moral untuk ikut menjunjung Bahasa persatuan Bahasa Indonesia. Menempatkan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa utama yang kita banggakan dalam pergaulan nasional maupun internasional. Kita jangan mau merasa minder atau kalah dengan Bahasa asing. Kita harus merasa bangga berbahasa Indonesia di hadapan orang asing. Semangat ini yang harus terus kita pupuk kita ipuk ipuk sehingga Bahasa Indonesia semakin berkembang maju tidak bergerak mundur dilindas peradaban abad digital.

    Siwi Sang dalam Seminar Bahasa IAIN Tulungagung. sumber poto Fb Bunda Zakyzahra Tuga


    Kita punya kebebasan menggunakan ragam Bahasa gaul dan Bahasa dialek kita masing masing dalam berbahasa sehari hari. Hanya janganlah lalu kegiatan berbahasa yang seperti itu memiskinkan atau melunturkan semangat kita berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

    SEminar kebahasaan Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung


    Kita masih punya ruang berekspresi untuk menjaga Bahasa Indonesia antaranya melalui karya penulisan ilmiah, karya fiksi dan non fiksi lainnya.

    Kegiatan berliterasi melalui penulisan, merupakan salah satu upaya kita merawat Bahasa dan menjaga peradaban kita.

    Soal bagaimana kita harus bangga berbahasa Indonesia, saya punya satu cerita. Dulu pernah saya bilang saya ndak perlu sinau bahasa asing/Inggeris sebagai bekal ke luar negeri/eropa. saya hanya perlu beberapa kosa kata inggeris saja. seperti: hello mister, do you can speak in Indonesia. Ya ketika ketemu bule asing, saya akan katakan duyuken spik in Indonesia? apakah kamu iso ngomong nganggo basa Indonesia? kalo si bule asing Jawabannya yes, maka soal komunikasi selanjutnya bukan suatu perkara besar. ini juga saya praktekkan ketika ketemu dua bule prancis di suatu kafe kopi #Banyuwangi paska ikutan #InternetBAIK.

    Ingin saya kasih tunjuk, bahwa saya, kita semua harus bangga dengan #bahasaIndonesia baik di sini maupun di sana. Ingin saya kasih tunjuk bahwa kita punya satu #bahasa namanya bahasa Indonesia. Orang bule asing kalo mau ke sini harusnya mampu bahasa Indonesia. sehingga kita tidak perlu ribet menyambut mereka dengan bahasa inggeris.

    =============
    SIWI SANG


    Kutipan catatan  saya untuk Seminar Kebahasaan tema Cinta Bahasa sebagai Aktualisasi Cinta Bangsa yang dihelat Himpunan Mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung, 19/11/2016, di gedung KH. Saifuddin Zuhri ruang D27 IAIN Tulungagung. 



    No comments:

    Post a Comment

    Literatur

    Taktik Menulis

    Banjarnegara