Sejarah, Sastra, dan Jurnalis Warga

  • Breaking News

    Monday, August 29, 2016

    Temuan Arkeologi Terbaru di Candi Dieng Banjarnegara Berupa Lempeng Logam Bulat berhuruf Arab




    Situs sejarah candi Dieng seperti komplek candi Arjuna, candi Gatotkaca, candi Bima, candi Dwarawati itu ada di zona kabupaten Banjarnegara. Bagi yang masih menganggap komplek candi Dieng di Wonosobo tandanya kurang piknik.

    Beberapa hari ini heboh di media digital soal temuan baru di candi Puntadewa komplek candi Arjuna Dieng Banjarnegara berupa lempeng logam bundar diameter 12 cm yang mengandung tulisan huruf Arab.

     

    Pemugaran candi Puntadewa dilakukan Dinas Pariwisata Banjarnegara bersama BPCB Jawa Tengah.

    Kita jangan dulu alergi dengan temuan arkeologi yang mengandung unsur Arab.

    Soal berapa usia logam berhuruf arab itu, kita tunggu saja hasil pengecekan para ahli di bidangnya yaitu dari BPCB Jawa Tengah.

    Boleh jadi itu benda baru, boleh jadi juga benda kuna terpendam tanpa rekayasa. 

    Kita jangan dulu langsung menyimpulkan temuan itu hoak penuh rekayasa hanya karena itu temuan yang mengandung unsur  huruf Arab.

    Di situs candi Dieng persisnya dekat candi Gatotkaca ada Museum Kailaca yang dikelola Dinas Pariwisata Banjarnegara. Banyak temuan arkeologi yang tersimpan di sana.

    Sangat mungkin kelak temuan logam bundar berhuruf Arab itu akan disimpan di museum kailaca untuk menjaga jangan sampai diambil orang tidak tanggung jawab dan terutama sebagai bahan kajian perkembangan ilmu sejarah arkeologi secara luas.

    Temuan temuan baru di candi Dieng Banjarnegara sangat berguna untuk lebih menguak kesejarahan candi Dieng yang sampai hari ini masih tertutupi banyak awan misteri.

    ==============
    SIWI SANG
    29/8/2016



     


    temuan logam bulat berhuruf Arab di candi Puntadewa komplek candi Arjuna Dieng Banjarnegara. sumber poto dari halaman fb wonosobozone

    poto temuan baru di candi Puntadewa komplek candi Arjuna Dieng Banjarnegara. sumber poto saya ambil dari halaman fb wonosobozone


    Literatur

    Taktik Menulis

    Banjarnegara